Navbar

Perawatan Tanaman Srikaya Jumbo Agar Berbuah Lebat

Tanaman Srikaya Jumbo


Srikaya Jumbo, siapa sih yang tidak kenal dengan varietas unggulan asal Australia ini? Srikaya jumbo sangat diburu karena memiliki ukuran buah besar, serta rasa yang manis, dan berbiji sedikit.

Tanaman srikaya jumbo tergolong bersifat genjah atau mudah berbuah, tanaman dapat mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 2 - 3 tahun, lebih cepat dibandingkan srikaya pada umumnya.

Selain itu, tanaman srikaya jumbo juga mudah dibudidayakan karena sangat adaptif, dapat ditanam dimana saja.

Agar bibit dapat tumbuh dengan baik, dan sehat, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Srikaya Jumbo.

Tidak lepas dari itu, perawatan pada tanaman srikaya jumbo juga dibutuhkan, agar pertumbuhannya dapat berlangsung secara optimal.

Perawatannya tergolong mudah, hampir mirip dengan Perawatan Tanaman Rambutan Binjai. Lantas, seperti apa cara merawat tanaman srikaya jumbo? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Srikaya Jumbo

  • Penyiraman Tanaman Srikaya Jumbo

Tanaman srikaya jumbo membutuhkan penyiraman secara teratur untuk pertumbuhannya.

Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun, jangan sampai berlebihan karena tanaman ini tidak terlalu suka dengan media yang becek.

  • Penyiangan Tanaman Srikaya Jumbo

Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma, rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman srikaya, dengan radius 1 meter dari batang mengelilingi tanaman.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 1 bulan sekali atau disesuaikan dengan tumbuhnya gulma. Jika mulai muncul segera lakukan penyiangan. 

  • Pemupukan Tanaman Srikaya Jumbo

Tanaman umur 1 bulan : Pupuk NPK mutiara (25 : 7 : 7) dosis 10g/liter air, 3 bulan sekali

Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1 - 3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Tanaman umur 3 Bulan : Pupuk mutiara (16 : 16 :1 6) dosis 10g/liter air, 3 bulan sekali 

Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1 - 3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Pupuk kandang dosis 15 kg/pohon, 6 bulan sekali 

  • Pemangkasan Tanaman Srikaya Jumbo

Pemangkasan dilakukan pada ketika tanaman mencapai tinggi 1,5 m, pemangkasan sebaiknya dilakukan saat musim hujan tiba agar tanaman tidak kekurangan air. 

Pemangkasan bertujuan untuk pembentukan pohon dan percepatan berbunga atau berbuah. 

Perangsangan pembentukan buah dapat dilakukan dengan memangkas ujung - ujung cabang. 

Pemangkasan rutin sebulan sekali juga dilakukan dengan membuang pucuk tanaman sepanjang 10 - 20 cm dari ujung semua cabang.

Setelah ujung cabang dipangkas, tanaman disemprot dengan zat perangsang tumbuh (ZPT) agar mempercepat pembungaan. Bunga akan bermunculan mengikuti tumbuhnya tunas baru. 

Pemangkasan peremajaan dilakukan setelah masa berbuah. Caranya dengan memangkas cabang - cabang yang menjadi lemah setelah berbunga sehingga tunas-tunas pengganti yang lebih subur dan kekar akan muncul.

  • Masa Panen Srikaya Jumbo

Dengan perawatan yang baik, tanaman srikaya jumbo yang berasal dari bibit vegetatif akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 2 - 3 tahun.

Tanaman ini dapat berbuah 2 - 3 kali tiap tahun dengan produksi buah sekitar 40 butir/pohon.

Buah srikaya tidak dapat dipanen sekaligus karena tingkat kematangan tidak sama, buah srikaya perlu dipilih yang siap panen satu per satu. 

Buah dipetik dengan tangan atau menggunakan gunting stek dan buah tidak boleh jatuh ke tanah sebab akan menimbulkan memar dan infeksi. 


Varietas Srikaya Jumbo


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman srikaya jumbo yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tanaman srikaya jumbo dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit srikaya jumbo berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga informasi diatas dapat membantu. Terimakasih Sudah Berkunjung, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru