Navbar

Budidaya Srikaya Jumbo Agar Cepat Berbuah

Tanaman Srikaya Jumbo


Srikaya Jumbo merupakan varietas unggulan yang berasal dari Australia. Sesuai dengan namanya, buah srikaya ini memiliki ukuran yang besar atau jumbo dibandingkan dengan srikaya lokal pada umumnya.

Srikaya jumbo memiliki berat yang bisa mencapai 1 kg/buah. Daging buahnya tebal, dengan tekstur sedikit berserat, dan bercitarasa jauh lebih manis dibandingkan srikaya lokal, serta bijinya relatif sedikit, dalam 1 buah srikaya hanya ada sekitar 12 biji saja.

Selain buahnya yang istimewa, srikaya jumbo juga memiliki keunggulan lain yang tidak boleh dilewatkan. Lantas, apa saja keunggulan yang dimiliki srikaya jumbo satu ini? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Srikaya Jumbo

  • Bersifat Genjah

Tanaman srikaya jumbo tergolong tanaman bersifat genjah atau mudah berbuah, dapat mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 2 tahun.

  • Tingkat Produktivitas Tinggi

Tanaman srikaya jumbo tergolong sangat produktif, bisa berbuah 2 - 3 kali/tahun dengan jumlah buah sekitar 40 butir/pohon.

  • Budidaya Mudah

Tanaman Srikaya Jumbo mudah dibudidayakan karena sangat adaptif, dapat ditanam diberbagai bidang dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

  • Buah Berkualitas

Srikaya jumbo memiliki ukuran buah yang besar atau jumbo, dengan berat bisa mencapai 1 kg. Daging buahnya tebal, tekstur sedikit berserat dengan rasa yang jauh lebih manis dan berbiji sedikit.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari srikaya jumbo. Menarik sekali ya?

Budidaya srikaya jumbo kini juga mulai menjadi trend, setelah terbukti bahwa tanaman ini dapat di budidayakan dengan mudah di indonesia. Apalagi ditambah dengan potensi yang dimiliki srikaya jumbo ini.

Pasti anda jadi semakin tertarik untuk menjadikan srikaya jumbo ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda. Tunggu apalagi? segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya.

Kami menyediakan bibit srikaya jumbo berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Nah, setelah mendapatkan bibit yang di inginkan, langsung saja kita masuk ke pembahasan selanjutnya yakni penanaman. Pada dasarnya cara menanam srikaya jumbo sangat mirip dengan Cara Menanam Bibit Tanaman Rambutan Binjai. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!

Bibit Tanaman Srikaya Jumbo

Cara Menanam Bibit Srikaya Jumbo

  • Pengolahan Lahan Tanam Srikaya Jumbo

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, kemudian biarkan 1 - 2 minggu agar gas - gas beracun yang terkandung didalam tanah hilang.

Buat media tanam dari campuran tanah galian, arang sekam, dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Setelah tercampur masukan kedalam lubang tanam, dan buat lubang galian di tengah - tengah untuk menanam bibit srikaya

Diamkan 2 - 3 hari sebelum digunakan untuk menanam, agar mikroba dalam tanah dapat beradaptasi dengan baik

  • Penanaman Bibit Tanaman Srikaya Jumbo

Robek polybag bibit srikaya jumbo menggunakan cutter atau gunting, usahakan media yang menempel tidak pecah. 

Masukan bibit srikaya jumbo kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan media tanam yang sudah di buat, dan padatkan sedikit hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah untuk mempertahankan kelembaban.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Srikaya Jumbo, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru