Navbar

Bibit Durian Bawor, Keunggulan dan Cara Menanam Yang Benar

Tanaman Durian Bawor


Durian merupakan buah yang memiliki banyak sekali jenis dengan karakter dan keunggulannya masing - masing. Salah satu durian lokal yang cukup populer adalah Durian Bawor. Durian ini merupakan durian lokal yang berasal dari derah Banyumas, Jawa Tengah,

Durian bawor sangat populer karena banyaknya keunggulan yang dimiliki, hingga disebut - sebut sebagai saingan dari Durian Monthong. Lalu, apa sajakah keunggulan dari durian bawor? Yuk, simak ulasan berikut ini.


Keunggulan Durian Bawor

  • Masa Panen buah yang Cepat dan Banyak

Durian Bawor  dapat mulai dipanen setelah berumur 3 tahun, sangat cepat jika dibandingkan durian lain bahkan dibandingkan dengan durian montong sekalipun. 

Durian bawor sangat produktif, pohon durian yang berumur 4 tahun dapat mengahasilkan hingga 100 kg buah.

Pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun sehingga pohon durian bawor dapat dipanen 3 kali dalam setahun. Semakin tua batang pohon durian bawor semakin lebat buah yang dihasilkan.

  • Budidaya Lebih Mudah

Budidaya durian bawor relatif mudah, dapat tumbuh didataran rendah hingga dataran tinggi.

Pemeliharaanya pun cukup mudah dan murah, cukup melakukan perawatan dasar seperti penyiraman, pemupukan, penyiangan, hingga pemangkasan.

  • Buah Berkualitas Unggul

Durian bawor merupakan varietas lokal dengan kualitas buah yang unggul, tidak kalah dengan durian import. 

Ukuran buahnya sangat besar, dengan bobot mampu mencapai 12 kg. Daging buahnya tebal dengan biji yang tipis, rasanya khas manis legit berpadu sedikit pahit dengan tekstur yang lembut cenderung berlemak, sehingga lebih enak ketika disantap.

  • Memiliki Akar Pohon Yang Kuat

Batang pohon durian bawor tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2 - 3 meter saja. Hal ini memudahkan dalam proses pemanenan buah durian.

Pohon durian bawor juga memiliki jumlah akar yang berbeda, ada yang tiga bahkan empat akar. Keduanya memiliki keunggulan yang luar biasa, seperti mempercepat pertumbuhan pohon sebab memiliki cadangan makanan yang lebih banyak, berimbas pada menghasilkan nutrisi yang banyak dan kualitas buahnya juga baik. kekuatan akar pohon ini juga bisa memperkokoh pohon sehingga tahan bencana sperti banjir, longsor dan angin kencang. Tahan juga terhadap cuaca yang kering.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan durian bawor. Tentunya anda tertarik menjadikan durian bawor ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanam dan Perawatan Bibit Tanaman Durian Bawor ini cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Durian Montong, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda.

Agar penanaman durian bawor berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Durian Bawor

  • Pemilihan Bibit Durian Bawor

Pilih bibit yang berasal dari hasil perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk.

Pastikan bibit dalam kondisi sehat, dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit. 

Kami menyediakan bibit durian bawor berkualitas unggul, mudah beradaptasi, cepat berbuah dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Durian Bawor 

  • Pengolahan Lahan Tanam Bibit Durian Bawor

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat proses pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, kemudian biarkan lubang tanam selama 7 hari dalam keadaan terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung. Agar zat beracun yang terkandung dalam tanah menguap.

Pisahkan tanah galian bagian atas dengan tanah galian bagian dalam.

Campurkan tanah galian bagian dalam dengan pupuk kandang yang telah matang/melalui proses fermentasi atau bisa juga menggunakan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1

Setelah 7 hari, masukkan media tanam yang sudah dibuat hingga setengah volume lubang tanam.

  • Penanaman Bibit Durian Bawor

Robek polybag bibit menggunakan gunting, lakukan dengan hati - hati, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit kedalam lubang tanam, letakan bibit tepat ditengah - tengah lubang tanama dan dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun menggunakan sisa tanah galian hingga penuh atau sejajar dengan permukaan tanah pada polybag, padatkan perlahan hingga bibit erat tertanam dan tidak goyah.

Buat gundukan di sekitar pangkal batang agar nantinya saat musim hujan tanaman tidak terendam air.

Selanjutnya siram dengan air secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.


Tanaman Durian Bawor


Bagaimana, mudah bukan? Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya keunggulan dari duria bawor, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Tunggu apalagi, segera miliki bibitnya, untuk pemesanan dan info lebih lanjut, segera hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!


Semoga informasi diatas dapat membantu kalian yang akan menanam durian bawor. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru