Navbar

Keunggulan Bibit Durian Montong dan Cara Mudah Menanamnya

Tanaman Durian Montong


Durian Montong, siapa sih yang tidak kenal dengan durian asal Thailand ini? Durian montong merupakan varietas unggul yang sangat populer dengan berbagai macam keunggulan.

Berkat keunggulannya, kini daya jual varietas durian montong menjadi jauh lebih mahal dibanding jenis durian lainnya. Lantas apa saja keunggulan durian montong? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Keunggulan Durian Montong

  • Mudah Beradaptasi

Bibit tanaman durian montong sudah mampu beradaptasi dengan iklim di Indonesia, sehingga proses pembudidayakan buah durian montong ini relatif mudah.

  • Bersifat Genjah

Durian montong termasuk jenis tanaman genjah atau mudah berbuah, dan pohonnya berbatang pendek, dengan ketinggian sekitar 4 - 5 meter saja, sehingga sangat menguntungkan ketika hendak memanen durian.

  • Nilai Jual Tinggi

Harga buah durian montong jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga durian lokal. Hal itu sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Durian montong dibanderol dengan harga sekitar Rp. 50.000 - 75.000/kg. sedangkan untuk 1 buah durian montong memiliki berat sekitar 3 - 4 kg/buah.

  • Buah Berkualitas

Durian montong memiliki ukuran buah lebih besar, dengan daging yang tebal, padat, bertekstur lembut, serta rasa yang manis dan beraroma khas namun tidak menyengat.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari durian montong. Menarik sekali ya?

Budidaya durian montong kini juga mulai menjadi trend, setelah terbukti bahwa tanaman ini cocok di budidayakan di indonesia. Apalagi ditambah dengan potensi yang dimiliki durian montong.

Pasti anda jadi semakin tertarik untuk segera menanamnya kan? Tunggu apalagi? segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya.

Kami menyediakan bibit durian montong berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Nah, setelah mendapatkan bibit yang di inginkan, langsung saja kita masuk ke pembahasan selanjutnya yakni penanaman. Pada dasarnya cara menanam durian montong sangat mirip dengan Cara Menanam Durian Duri Hitam. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!

Bibit Tanaman Durian Montong

Cara Menanam Durian Montong

  • Pengolahan Lahan Tanam Bibit Durian Montong

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman penganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman durian.

Gemburkan tanah dengan cara mencangkulnya bolak balik agar unsur hara yang terdapat di dalam tanah bisa keluar.

Buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Diamkan lubang tanam selama 2 minggu, agar zat beracun yang terkandung dalam tanah menguap.

Campur tanah galian lubang dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 3 : 1

Setelah 2 minggu, masukan media tanam yang sudah dibuat kedalam lubang tanam, kemudian siram tanah secara teratur, biarkan selama 1 minggu sampai tanah cukup padat dan lembab.

  • Penanaman Bibit Durian Montong

Robek polybag bibit menggunakan gunting, lakukan dengan hati - hati, dan usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Buat lubang galian seukuran dengan media yang menempel pada bibit, kemudian masukan bibit beserta medianya kedalam lubang tanam, letakan bibit dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan tanah disekelilingnya, setelah itu sedikit padatkan agar bibit tidak mudah roboh.

Siram dengan air secukupnya hingga media basah.

 



Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Durian Montong, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas dapat membantu. Terimakasih sudah mampir, dan Selamat menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru