Navbar

Perawatan Bibit Tanaman Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Tanaman Durian Montong


Durian Montong merupakan salah satu jenis durian unggul yang cukup populer di Indonesia, dan juga paling disukai banyak orang. Mengapa demikian?

Hal ini terjadi karena, durian montong memiliki banyak keunggulan, yakni bersifat genjah atau mudah berbuah, tingkat adaptasi yang tinggi, buah yang dihasilkan berkualitas, dan mempunyai nilai jual tinggi.

Berkat keunggulan yang dimiliki inilah yang akhirnya menjadikan trend budidaya durian montong, karena termasuk kedalam tanaman tropis, maka tidak heran jika tanaman durian montong terbukti tumbuh subur di Indonesia.

Agar tanaman durian montong dapat tumbuh sehat dan cepat berbuah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Durian Montong, kemudian perawatan tanaman. Cara merawat tanaman durian montong ini tergolong mudah. Lantas seperti apa cara merawat pohon durian montong? Yuk, simak informasi berikut ini!


Cara Merawat Bibit Tanaman Durian Montong

  • Penyiraman Tanaman Durian Montong

Perhatikan terlebih dahulu kondisi tanah sehari setelah penanaman bibit durian montong, bila tanah sudah mulai mengering maka siram dengan banyak air hingga kondisi tanah lembab.

Untuk penyiraman bibit durian montong, lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Atau bisa dengan menyesuaikan kondisi cuaca dan kelembaban tanah 

Jika musim hujan, tidak perlu ada penyi atau jika diperlukan, maka kalian hanya diperbolehkan menyiramnya sekali dalam sehari untuk menjaga kelembaban tanah lahan tanam. 

  • Penyiangan Tanaman Durian Montong

Lakukan penyiangan secara rutin, dengan mencabut gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman durian montong.

Proses penyiangan ini dilakukan minimal 2 minggu sekali, agar unsur hara yang terkandung dalam tanah tetap terjaga.

  • Pemangkasan Tanaman Durian Montong

Pemangkasan bertujuan untuk membentuk tanaman, dan merangsang pertumbuhan tanaman durian montong menjadi lebih cepat.

Pemangkasan pemeliharaan dilakukan ketika tanaman mencapai usia 1 tahun, untuk mempertahankan tanaman durian montong tetap pada tinggi 5 meter.

Pangkas juga pada tunas air, cabang atau ranting yang telah mati, terserang hama atau penyakit serta cabang yang tidak terkena sinar matahari. Karena ranting tersebut tidak akan menghasilkan bunga.

  • Pemupukan Tanaman Durian Montong

Ada dua fase pemupukan yang dilakukan pada tanaman durian montong yaitu pemupukan sebelum berbuah dan pemupukan pada saat tanaman berbuah/panen. Perbedaannya terletak pada dosis pemberian pupuk.

  • Pemupukan Pada Tanaman Yang Belum Berbuah

Pupuk yang bisa diberikan yaitu pupuk NPK dan pupuk organic. 

Pupuk NPK diberikan pada saat tanaman berumur 1 tahun dengan dosis 80 - 90 gram/pohon per tahun. 

Ketika pohon berusia 2 tahun diberikan pupuk NPK diberikan dengan dosis 150 - 300 gram/pohon per tahun.

Kemudian pada saat pohon berusia 3 tahun pupuk NPK diberikan dengan dosis 400 - 800 gram/pohon per tahun. Sedangkan untuk pupuk organic/kompos/kandang diberikan setahun sekali pada akhir musim hujan dengan dosis minimal 15 - 20 kg/pohon.

  • Pemupukan Pada Tanaman Yang Sedang Berbuah

Pada tanaman durian montong yang sedang berbuah, pemupukan dilakukan pada saat sesudah pemangkasan, saat pucuk mulai menua, kemudian pada saat munculnya bunga, dan satu bulan sebelum panen.

Pupuk yang diberikan adalah pupuk organic, urea, SP - 36 dan KCl dengan dosis yang berbeda - beda.

Pupuk diberikan dengan cara membuat selokan disekitar pohon ukuran disesuaikan dengan tajuk pohon dengan kedalaman selokan sekitar 20 - 30 cm. 

Kemudian pupuk disebarkan secara merata kedalam selokan, setelah itu tutup kembali dengan tanah. Siram setelah tanah mengering.

  • Panen Durian Montong

Tanaman durian montong yang berasal dari bibit vegetatif. dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 3 - 4 tahun, lebih cepat dibanding dengan durian pada umumnya.

Tingkat produktivitas durian montong sangat tinggi, ketika memasuki usia tanam 4 tahun, mampu menghasilkan hingga 50 - 100 buah/pohon dalam setiap kali panen.

 

Tanaman Durian Montong


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman durian montong yang bisa kami sampaikan. Proses nya cukup mudah, hampir mirip dengan Perawatan Bibit Tanaman Durian Duri Hitam.

Nah, sekarang anda semakin tertarik bukan? Tunggu apalagi, ayo segera pesan bibit durian montong sekarang juga. Kami menyediakan bibit durian montong yang berkualitas, cepat berbuah, dan tahan terhadap segala kondisi cuaca.

Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Semoga informasi diatas dapat membantu kalian. Terimakasih sudah mampir, dan Selamat Mencoba!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru