Navbar

Budidaya Anggur Banana Agar Cepat Berbuah

Tanaman Anggur Banana


Anggur Banana terkenal karena bentuk buahnya yang unik. Sesuai dengan namanya, anggur banana memiliki bentuk memanjang dengan ujung berry yang runcing layaknya buah pisang, serta berwarna kuning terang ketika matang.

Anggur banana merupakan varietas anggur unggulan yang berasal dari Jepang. Anggur ini dikenal mempunyai daging buah yang tebal, dan kulitnya bisa langsung dimakan tanpa harus dikupas.

Selain buahnya yang istimewa, anggur banana juga memiliki berbagai macam keunggulan lainnya. Lantas, seperti apa keunggulan yang dimiliki anggur banana ini? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Anggur Banana

  • Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman anggur banana ini dikenal mempunyai tingkat adaptif yang cukup tinggi, dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi, namun juga mudah beradaptasi di dataran rendah dengan iklim panas, seperti di Indonesia.

  • Bersifat Genjah

Tanaman anggur banana tergolong bersifat genjah, atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, tanaman anggur banana dapat mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 1 - 2 tahun, dengan menggunakan bibit vegetatif.

  • Pematangan Buah Cepat

Anggur banana hanya membutuhkan waktu 100 sampai 110 hari untuk masa pematangan buah, lebih cepat daripada jenis anggur lain yang membutuhkan waktu 120 hari. 

  • Tahan Jamur

Tanaman anggur banana merupakan salah satu jenis buah figur dalam pertumbuhannya yang tahan terhadap jamur, tunasnya besar, dan subur.

  • Dapat Menjadi Tanaman Hias

Tanaman anggur banana memiliki tampilan tanaman yang indah, mudah merambat, dan cocok jika ingin menjadikannya sebagai peneduh sekaligus hiasan yang indah di halaman rumah.

  • Buah Berkualitas

Anggur banana memiliki daging buah tebal, tekstur renyah, bercitarasa manis dengan tingkat kemanisan mencapai 18% – 22% brix, dan cukup tahan terhadap retak buah.

Anggur banana juga menghasilkan tandan yang besar dengan buah bergerombol dan lebat. Satu tandan anggur banana dapat mencapai bobot 500 gram, dengan bobot buah 5 - 6 gram/butir.


Nah, setelah mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki anggur banana. Tentunya anda semakin tertarik menjadikan anggur banana ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda bukan?

Cara menanamnya cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Mangga Red Emperor, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Untuk mempelajari cara menanam bibit anggur banana, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Bibit Tanama Anggur Banana

  • Pemilihan Bibit Tanaman Anggur Banana

Pilih bibit anggur banana yang berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti melalui teknik stek, atau sambung pucuk.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit anggur banana dalam kondisi sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit anggur banana vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit anggur banana berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Anggur Banana

  • Pemilihan Pot Bibit Tanaman Anggur Banana

Pilih pot minimal berdiameter 40 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan pada bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Tanaman Anggur Banana

Sediakan pasir, sekam bakar dan pupuk kandang. 

Kemudian campur ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

  • Penanaman Bibit Tanaman Anggur Banana

Letakan pecahan genteng atau bata di bagian dasar pot, agar saat penyiraman tanaman, media tanam tidak ikut hanyut terbawa air.

Masukkan kedalam pot dan bentuk lubang tanam ditengahnya untuk menanam bibit anggur ninel dalam pot.

Robek polybag bibit anggur banana dengan hati  - hati, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit anggur banana kedalam pot, letakan bibit tepat di tengah - tengah lubang, kemudian ratakan media tanam.

Lakukan penyiraman pada tanaman anggur banana sampai basah hingga air keluar dari lubang pot bagian bawah.

  • Pembuatan Rambatan Tanaman Anggur Banana

Buatlah para - para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring - jaring kotak melingkari sisi pot. Ukurannya bisa disesuikan sesuai kebutuhan. 


Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, tentu Perawatan Tanaman Anggur Banana juga tidak boleh dilawatkan.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru