Navbar

Perawatan Tanaman Anggur Banana Agar Berbuah Lebat


Anggur Banana merupakan varietas anggur unggulan yang berasal dari hasil persilangan antara anggur varietas Pisutelo bianco dengan anggur varietas Manicure Finger.

Anggur banana memiliki bentuk yang unik, yakni memanjang dengan ujung yang runcing seperti pisang. Berkat keunikannya, anggur banana cukup banyak diburu oleh pecinta tanaman anggur.

Selain buahnya yang unik, tanaman anggur banana dikenal mempunyai tingkat adaptif yang cukup tinggi untuk tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia, dan juga tahan terhadap serangan hama jamur.

Agar pertumbuhan tanaman anggur banana dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Anggur Banana.

Tidak lepas dari itu, perawatan yang baik dan benar juga dibutuhkan. Lantas, seperti apa cara merawat tanaman anggur banana ini? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Anggur Banana

  • Penyiraman Tanaman Anggur Banana

Lakukan penyiraman secara rutin 2 hari sekali. Pohon anggur tidak menyukai tempat basah, karena membutuhkan cuaca yang kering utnuk pembuahannya. 

Pastikan jika media tanamnya selalu lembab, tetapi bukan tergenang. Untuk bagian atasnya dibiarkan kering tidak apa - apa.

  • Penyiangan Tanaman Anggur Banana

Penyiangan dilakukan secara manual dengan mencabut gulma yang tumbuh didalam pot tanaman anggur banana.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 1 bulan sekali, atau disesuaikan dengan pertumbuhan gulma.

Jika gulma sudah mulai tumbuh segera dilakukan penyiangan, agar pertumbuhan dan pembuahan anggur banana tidak terhambat.

  • Pemangkasan Tanaman Anggur Banana

Pohon anggur banana harus rajin dipangkas untuk membuatnya cepat berbuah, pemangkasan juga dimaksudkan untuk merapikan bentuk pohon.

Jika setelah 6 bulan tumbuh pohon yang rimbun, maka bisa langsung dipangkas cabang yang terletak di atas mata tunas.

Pada fase awal pertumbuhan dapat diberikan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing yang sudah dikeringkan setiap dua pekan sekali atau minimal 1 bulan sekali.

Untuk mempercepat pertumbuhan batang dan daun dapat menggunakan jenis pupuk organik cair seperti frutor atau pupuk Agrodyke.

Setelah Tabulampot anggur ninel memasuki usia 6 bulan atau lebih dan telah memiliki batang yang cukup kokoh dan kuat, tabulampot anggur ninel mulai bisa diberikan hormon perangsang buah untuk mempercepat proses pembuahan.

  • Pemanenan Buah Anggur Banana

Dengan perawatan yang baik, tanaman anggur banana akan mulai berbuah ketika memasui usia tanam 1 - 2 tahun, dengan menggunakan bibit vegetatif. 

Anggur banana hanya membutuhkan waktu 100 sampai 110 hari untuk masa pematangan buah, lebih cepat daripada jenis anggur lain yang membutuhkan waktu 120 hari, dan juga menghasilkan tandan yang besar dengan buah bergerombol dan lebat. Satu tandan anggur banana dapat mencapai bobot 500 gram, dengan bobot buah 5 - 6 gram/butir.


Tanaman Anggur Banana


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tanaman anggur banana yang bisa kami sampaikan. Pada dasarnya, proses perawatannya hampir mirip dengan Perawatan Tanaman Mangga Red Emperor.

Dengan perawatan yang baik akan sangat mungkin nantinya tanaman anggur banana akan tumbuh dengan optimal, dan berbuah lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit anggur banana yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga ulasan mengenai cara merawat tanaman anggur banana ini dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Semoga berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru